Gembira Loka Zoo Jogjakarta

Gembira Loka Zoo atau sering disebut Kebun Binatang Gembira Loka merupakan destinasi wisata yang sangat populer di kalangan warga Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, bahkan seluruh Indonesia. Disini merupakan tempat wisata edukatif yang ramah anak-anak. Di dalamnya terdiri dari koleksi satwa dan fauna, wahana wisata, fasilitas penunjang, dan sebagai tempat konservasi satwa.

Jika anda ingin berkunjung, Gembiraloka Zoo beralamatkan di  Jl. Kebun Raya, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171.

Gembira Loka Zoo merupakan salah satu dari 20 destinasi wisata yang diizinkan beroperasi selama uji coba PPKM level 3. Buka pada tiap Sabtu dan Ahad dari jam 08.30 s.d. 16.00, sedangkan hari Senin s.d Jumat jam 09.00 – 16.00. Untuk bisa masuk ke lokasi, Anda harus dalam keadaan sehat dan sudah Vaksin,Negative dari Covid 19 dan tidak ada kontak erat dengan pasien Covid 19, selain itu, harus bayar tiket yaaah tidak gratis, besarnya Rp. 60.000,- untuk hari Senin s.d. Jumat dan Rp. 75.000,- untuk hari Sabtu dan Ahad.

FASILITAS :

Central Service :

Sentral Servis merupakan pusat pelayanan bagi para pengunjung. Apabila pengunjung membutuhkan beberapa fasilitas berupa ruang laktasi bagi ibu menyusui, toilet bagi penyandang disabilitas, toilet dan kamar mandi.

Stroller Bayi :

Stroller bayi atau kereta bayi, yaitu alat untuk membawa bayi dengan cara di dorong. Alat ini biasa digunakan oleh orang tua untuk memudahkan dalam mengasuh anak. Di Gembira Loka Zoo disediakan Stroller bayi yang dapat Anda pinjam secara gratis. Syaratnya hanya meninggalkan kartu identitas dan mengisi formulir yang disediakan petugas yang bertempat di   di selatan pos 1 yang berada di pintu A dan bagian reservasi di pintu B.

Wifi gratis :

Kalian  tak perlu gusar tidak bisa upload foto narsisnmu karena kehabisan kuota internet. Disini disediakan  Wi-Fi gratis tis tis tis, akses internet dengan speed yang mantap. 

Food court :

Jika Anda tidak sempat bawa bekal, disini disediakan foodcourt alias tempat makan. Berbagai jenis makanan dan minuman disediakan disini. Bakso, soto, gudeng, nasi rames, ayam bakar, es dawet, es theh, kopi thai tea dan lain sebagainya.  Anda tak perlu risau akan kelaparan, asal bawa uang, bisa makan disini.

Jadwal buka:
Senin - Jumat: 08.45 - 17.15 WIB
Sabtu - Minggu: 07.45 - 18.15 WIB
Selama PPKM, Senen – Jumat tutup, menyesuaikan jadwal dikunanya Gembiraloka.


Kursi roda :

Gembira Loka Zoo (GL Zoo) memberikan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas berupa kursi roda. Layanan kursi roda ini Gratis, untuk mendapatkan fasilitas kursi roda tersebut bisa anda dapatkan di pos keamanan satu yang berada di dekat pintu masuk A dengan meninggalkan kartu identitas anda.

Pihak pengelola Gembira Loka juga menyediakan jalan khusus kursi roda dari pintu masuk hingga pintu keluar.

Gelang anak :

Kalian sering dengar di pengumuman tempat wisata kan? Anak tertinggal dari orqang  tuanya. Nah, untuk mengantisipasi hal itu, Gembira Loka Zoo menerapkan pengamanan khusus untuk anak-anak yaitu Gelang Anak yang diberikan secara gratis untuk pengunjung yang mempunyai anak usia 3-6 tahun. Di gelang anak ini dicantumkan nama anak dan nomor handphone orangtuanya yang bisa dihubungi. Dengan begitu apabila anak terpisah dari orang tuanya, maka petugas dapat segera menghubungi orang tuanya melalui nomor handphone yang tertulis di gelang anak. Jos gandos kan?

Sekedar usul saja, kedepan gelang itu akan diganti GPS, karena jumlah pengunjung yang kian banyak. GPS itu bisa  dihubungkan dengan HP orang tua dan server petugas. Sehingga pergerakan anak atau lokasi dimana anak itu tertinggal akan dengan mudah dilacak.

Masjid dan Musholla :

Anda tak perlu khawatir tidak sholat Jumat jika ke Gembiraloka, karena disini disediakan masjid yang mengadakan sholat Jumat. Terdapat pula Musholla untuk menambah kapasitas tempat sholat.

Mayang Tirta :

Yaitu fasilitas hiburan, yang terletak di tengah danau buatan di area Gembira Loka Zoo.. Bentuknya seperti kapal dan berisi peralatan Band yang memadai, untuk outdoor yang bisa dinikmati sekitar 200 orang.

Spot Foto :

Sejak maraknya media sosial di kalangan masyarakat, kebutuhan tempat narsis di tempat wisata merupakan suatu keharusan. Karena pengunjung kebanyakan ingin momentum itu di abadikan dan disebarluaskan ke media sosialnya. Maka dari itu, Gembira loka Zoo menyediakan fasilitas sepot foto untuk memenuhi hasratmu bergaya narsis.

Gerai Souvenir :

Nah ini dia, kebiasaan orang Indonesia berikutnya, setelah foto-foto selfie narsis, selalu berburu souvenir. Katanya buat kenang-kenangan, juga untuk dibagikan kepada teman sekolah, teman kerja, teman kuliah, atau tetangganya. Kebiasaan ini merupakan hal yang menguntungkan bagi pengelola tempat wisata, yaitu bisa jual souvenir, dan sekaligus promosi gratis, karena souvenirnya meyebar kesluruh Indonesia.

SARANA REKREASI

Petting Zoo

Kalian yang tak pernah ngangon kambing, piara kelinci atau hal-hal lain yang terkait interaksi dengan binatang, di Putting Zoo, kalian  bisa berinteraksi dengan satwa-satwa seperti kambing Etawa, Keledai, domba Batur, kuda Poni, kelinci Jawa, kelinci German Giant marmut, ayam Brahma, kura-kura Sulcata serta kura-kura Emys.

Satwa-satwa ini termasuk jenis pet animal atau hewan peliharaan, sangatlah jinak dan aman dari penyakit karena dirawat secara hygienis dan steril dan tidak termasuk satwa yang dilindungi. Oleh karena itu, kalian bisa bebas berinteraksi serta menjadi ajang pengenalan satwa, khususnya bagi anak-anak.

Nineboot

Nineboot itu sperti scooter, ada mesinya dan bisa dikendalikan. Permainan ini dibuat sebuah lintasan yang sudah dirancang aman, dengan lebar 1,5 m dan panjang 280m. Lintasan dibuat menantang yang berkelok kelok, sehingga main nineboot sangat menyenangkan.

Zoo Express

Wahana Zoo Express merupakan kereta odong-odong atau kereta mini yang terdiri dari 2 (dua) gerbong penumpang dimana masing-masing gerbong bisa mengangkut 12 orang.  Kereta ini melintasi rel kereta api yang nyata dengan tikungan, tanjakan, serta terowongan den dengan panjang lintasan sepanjang 300 m. Kalian yang kangen pengin naik kereta, boleh naik kereta ini..namun ini hanya sebatas di area Gembila Loka Zoo saja, tidak ada jurusan Solo Balapan.

Kolam Sentuh

Nah, ini dia, bagi kalian yang ingin main ikan, bagusnya main di wahana kolam sentuh, gratis kok. Disini terdapat berbagai jenis ikan dengan ukuran yang berbeda. Kamu bisa pegang-pegang, atau kalau mau, jarimu digigitin ke ikan itu.

Onta Tunggang

Yang belum pernah ke Arab naik onta, di Gembira Loka Zoo disediakan Onta tunggang . Kalian dapat merasakan sensasi naik unta tunggang yang melintas di padang pasir khas Timur Tengah sambil berfoto di depan piramid. Seru deh

Gajah Tunggang

Setelah naik onta, belum lengkap kalau kalian belum naik gajah. Cukup dengan Rp. 35.000,- saja, kamu akan merasakan sensasi naik binatang raksasa ini, gajah, atau elephant. Unik, menarik dan yang jelas, kalau kamu ke Arab, paling bisa naik onta, tidak akan bisa naik gajah.

Terapi Ikan

Kalian yang pengin segar dan fresh, terapilah disini. Caranya mudah dan menyenangkan, cukup rendam kaki kalian di kolam yang terdapat ribuan ikan Garra Rufa, maka ikan-ikan tersebut akan memijit kaki kalian dan mengupas sel-sel kulit mati di kaki kalian. Rasanya geli-geli nyaman gitu, pokoknya enak deh.Terapi ini bayar ya mas broo, murah kok, hanya Rp. 20.000,- jika belum berubah.

Skuter Air

Bak main jetsky saja, kalian bisa main skuter air, bedanya dengan jetsky, skuter air tidak secepat jetsky, aman buat boncengan kok.Permainan ini bayar ya mas broo, Cuma Rp. 20.000,- jika belum berubah.

Perahu Katamaran

Wahana ini menjadi faforit pengunjung Gembira Loka Zoo, pasalnya, selain harga tiket yang sangat murah yaitu Rp. 10.000,- bahkan jika beli paket hemat Katamaran di pintu masuk, harganya hanya Rp. 5000,- Bahkan jika di bundling / paket dengan Wahana Taring (Tranportasi Keliling), hanya Rp. 25.000,- 

Kalian bisa naik kapal di danau buatan dengan sensasi angin semilir seperti halnya di pantai, asyik dan seru, bagi yang belum pernah naik kapal laut, jangan berkecil hati, kapal ini setidaknya bisa menjadi pemuas rindu bagi anda.

Taring (Transportasi Keliling)

Seperti halnya Zoo Expres, Taring juga merupakan kereta odong-odong, hanya bedanya, taring menggunakan roda mobil sehingga tidak menggunakan rel. Adanya Taring ini untuk memudahkan pengunjung wisatawan untuk menjangkau tempat-tempat yang diinginkan.

Tersedia dua pilihan tiket bagi pengunjung, yaitu:

- SATU STOP (TARING) seharga Rp 8.000.
- MULTI STOP KATARING (Perahu KATAMARAN & TARING) seharga Rp 25.000.

ATV

ATV kependekan dari All Terrain Vehicle, yaitu sepeda motor beroda empat, yang cocok dipakai di berbagai medan yang berat, seperti perkebunan-perkebunan. Di Gembira Loka Zoo disediakan wahana ATV ini agar kalian bisa merasakan sensasi serunya rute menantang seperti di perkebunan, rute berkelok-kelok membuat semakin seru dan asyik. Tiketnya standar saja kok,Cuma Rp. 20.000,- per motor.

Speed Boat

Kamu-kamu, yang tidak berani main speed boat di laut, sudah, jangan berkecil hati, di sini ada kok, di danau buatan, dijamin, airnya tidak sedalam lautan. Cukup bayar Rp. 20.000,- per orangnya, kalian bisa ngebut di danau.

Bumper Boat

Buat kalian yang senang untuk seru-seruan tabrakan kapal, pakai naik saja bumperboat. Wahana ini bisa muat dua orang, bisa berputar putar sambal nabrak-nabrakin teman main,,,seru deh. Tiket dibadrol Rp. 20.000/perahu, artinya jika dipakai dua orang, per orangnya hanya Rp. 10.000, saja.

Perahu kayuh

Buat kalian muda-mudi beranak satu, ini mainan pas buat nyenengin anak,sambal melatih keberanian, bentuknya lucu-lucu, ada yang seperti angsa, atau bebek.  Kalau kalian kayuh seperti sepeda, perahu ini akan jalan di air, bisa buat dua orang dewasa dan satu anak. Tiket juga terjangkau, hanya Rp. 20.000,-

Wahana ini adalah salah satu wahana terfaforit yang banayk diminati pengunjung. Selain murah, pengunjung bisa mengajak anaknya merasakan sensi naik kapal diatas air.

Bird Show

Sudah seharusnya, manusia mengenal dan memahami makhluk lain, salah satunya burung. Pada Wahana ini. Bird Show adalah pengenalan perilaku burung saat terbang di alam liar, sehingga pengunjung dapat mengetahui perilaku burung secara langsung. Acara Bird show berada di sebelah barat Kapal Mayang Tirta dan dekat dengan Gajah Resto. Jenis burung yang ditampilkan antara lain elang jawa, elang laut, burung kangkareng, burung hantu dan kakatua jambul kuning. Bagi Pengunjung yang ingin Menyaksikan Gelar Satwa Terampil ini sudah tidak dipungut biaya lagi alias Gratis. Untuk Jadwal pertunjukannya bisa dilihat dibawah ini:

Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Ahad dan Libur Nasional : 10.30 WIB dan 13.30 WIB.
Hari Jumat: 10.30 WIB

Interaksi Reptil

Masih sama dengan Bird Show, kalian bisa pegang-pegang ular piton, tapi jangan pegang ular abangnya ya he he..Selain itu bisa juga pegang iguana, kura-kura dengan aman. Ada petugas yang ahli dalam memperlakukan binatang-binatang tersebut.

Demikian tadi sedikit gambaran tentang Kebun Binatang Gembira Loka, yang tentu masih banyak informasi yang belum terungkap. Namun setidaknya sudah bisa menggambarkan yang akan anda lihat disana. Lebih mantap lagi jika Anda lihat langsung.

Posting Komentar