Wisata Bursa, Turki

MENGENAL KOTA BURSA. 

Bursa merupakan kota yang terletak di Turki bagian barat dengan dikelilingi oleh Balikesir di sebelah barat, Izmit, Yalova dan Istanbul di bagian utara, Bilecik dan Adapazari dibagian timur serta Eskisehir dan Kutahya dibagian Selatan. Kota ini memiliki luas 11.034 km persegi (Wikipedia). 

Bursa merupakan kota terbesar keempat di Turki setelah Istanbul, Ankara, Izmir. Kota ini pernah menjadi ibu kota pertama Kesultanan Utsmaniyah pada 1326 hingga 1365. Sebenarnya, kota ini sudah berdiri sejak 5000 tahun lalu, pada saat kekaisaran Roma. Oleh karena itu, kota ini menyimpan segudang peninggalan bersejarah, selain tata kota yang eksotik.

Paket Wisata Turki, kebanyakan  memilih Bursa, sebagai destinasi favorit, artinya di banyak paket Wisata Turki, selalu mampir ke kota ini. Pada kesempatan ini, penulis akan berbagi informasi terkait dengan paket wisata Turki, khususnya wisata ke Bursa.

GREEN MOSQUE

Green Mosque atau Masjid Berwarna Hijau, juga dikenal sebagai Masjid Mehmed I atau kholifah yang membangun masjid tersebut. Kawasan ini, adalah bagian dari kompleks yang lebih besar di sisi timur Bursa, Turki, bekas ibu kota Turki Ottoman sebelum mereka merebut  Konstantinopel pada tahun 1453. Kompleks tersebut terdiri dari sebuah masjid, türbe, madrasah, dapur dan kamar mandi.

Di sekitar bangunan yang ditumbuhi pohon-ohon yang rimbun, membuat penampilanya seperti taman berbunga yang segar  dan menciptakan suasana asri, sehinggan nyaman untuk beribadah di tengah kondisi cuaca musim panas. Rumah ibadah umat Islam ini dikenal sebagai salah satu tempat paling indah di Bursa yang memesona banyak pengunjungnya.Tidak heran, banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan lingkungan masjidnya, sekaligus melaksanakan sholat di masid ini.

GREEN TOMB

Green Tomb, atau makam berwarna hijau, adalah makam dari  Sultan Ottoman ke-5, yaitu Sultan Mahmud 1. Dibangun pada tahun 1421 oleh Sultan Murad II, sebagai penghormatan atas ayahnya, Sultan Mahmud 1.

GUNUNG ULUDAG

Disini kalian bisa main salju-saljuan…seru deh, tapi khusus kalau musim dingin ya, yaitu bulan Desember-Januari saat seluruh pegunungan tertutup salju. Suhunya saat itu bisa mencapai di kisaran 3-4 derajat celcius. Wow, dingin bangget !

ULUCAMI MOSQUE

Jika di Jakarta ada Ulujami, di Turki ada Ulucami, entah ada persinggungan sejarah atau tidak. Ulucami Mosque dikenal sebagai The Grand Mosque Of Bursa, kalau di Indonesia dinamakan “Masjid Agung”. Asli, penulis kagum dengan masjid ini karena kubahnya yang kelewat banyak, 20 buah. Bangunan denga arsitektur Seljuk ini sangat menawan, dan jangan sampai terlewatkan kalau kalian ke Turki. Megah, indah dan nyaman.

Demikianlah diantara destinasi yang paling popular di Bursa, walaumpun masih banyak lagi destinasi lain. Selanjutnya kalian bisa baca Ngapain di Kusadasi 





Posting Komentar